Barista Linglung

Yap, aku masih di rumah bude Rini. Kemungkinan aku disini satu minggu, dan hari ini aku bingung mau melakukan apa. Setelah sarapan dan mandi kucoba untuk mengedit foto dan bermain game. Bude mengusulkan untuk mencoba membuat kopi yang menggunakan kopi espresso. Sepertinya itu menyenangkan! Jelas aku menyetujuinya. Bude yang mengarahkan sedangkan aku mengusulkan untuk membuat apa.

Sambil berbaring aku mencari ide di Google. Selain itu aku juga melihat-lihat video pembuatan kopi. Setelah lebih dari setengah jam aku mendapatkan ide yaitu membuat Piccolo coffee. Saat ku perlihatkan ke bude, akhirnya setuju. Bude menyuruhku melihat takarannya, ternyata di takaran sebuah website itu berbeda dengan catatan yang bude miliki. Catatan itu berbentuk papan, mungkin bude beli. Sepertinya takaran yang aku dapatkan itu adalah takaran latte coffee.

Mesin espresso dan alat lain-lainnya seperti penggiling kopi/grinder dikeluarkan lalu diletakkan dimeja barista. Kita mencoba membuat espresso dulu, dan sekarang aku sudah paham. Walau susah memasang portafilternya. Portafilter berfungsi sebagai wadah bubuk kopi yang hendak diekstraksi. Sekarang aku sudah bisa memasang sendiri dan membersihkannya sendiri. Ada sedikit halangan dengan mesinnya karena sudah lama tidak digunakan, tapi setelah beberapa dicoba akhirnya bisa.


Sekarang aku akan membuat coffee affogato, yaitu kopi yang diberi es krim. Aku mulai membersihkan portafilternya dan membuat espresso lalu memberikan es krim di kopi itu. Karena es krim ini sudah lama di kulkas, kita tidak meminunya. Mas Allan menyarankan untuk belajar latte art, akupun mencobanya. Menggambarnya sangat susah, aku belajar dengan susus basi. Mungkin susunya juga memengaruhi.

Setelah semua beres aku membersihkan dan mencuci alat-alat yang kupakai. Karena malam tidak ada makanan, aku membeli mie instan sekaligus makanan untuk pendamping nonton film. Sambil menunggu malam aku duduk-duduk di kolam. Walau dingin aku masih kuat kalau segitu. Hari ini sangat menyenangkan, tetapi aku merindukan Coco. Pasti dia sedang tidur!

Sirilius Kevin
Aku suka menulis pengalaman-pengalamanku dan membagikan ke kalian. Selain itu aku juga suka menonton film, memotret, dan belajar bahasa pemrograman